Tegal Sengon, Wisata Baru di Blitar Tawarkan Suasana Sejuk yang Instagramable

3 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Tegal Sengon adalah sebuah wisata baru yang berlokasi di Desa Bendo, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Tempat ini menawarkan suasana yang sejuk dan asri, dengan pepohonan sengon yang tinggi dan rindang. Udara di Tegal Sengon sangat sejuk, bahkan sampai siang hari pun masih terasa sejuk.

Setelah masuk di Tegal Sengon pengunjung diberikan pemandangan rumah kayu bertingkat yang dipinggirnya ada kolam ikan, di sampingnya ada pendopo kecil, lalu sebuah warung yang tertata apik.  Tempat ini pun sangat bersih, tidak ada sampah berserakan yang sepertinya pengelola menyapu pelatarannya setiap hari.

Penulis pun datang di Tegal Sengon pada Jumat (10/8/2023) pagi sekitar 07.00, langsung disiapi sepiring nasi pecel hangat, dan itu pun gratis bertepatan momen Jumat Berkah. Pada saat itu ada silih berganti warga sekitar datang sarapan di warung Tegal Sengon, yang memang disediakan 30 porsi untuk Jumat Berkah.

Nasi pecel itu pun berisi lengkap sayur-sayuran, tempe, rempeyek dan perkedel kentang, cukup terjangkau bagi masyarakat Blitar dihargai Rp 7.000 seporsinya. Meski tergolong murah sajian makanan di Tegal Sengon ini rasanya berkelas dan authentic.

“Makanya aku ajak pagi datang kesini, karena udaranya masih dingin, sangat cocok untuk makan nasi pecel menikmati suasana pagi di tengah Tegal Sengon. Warungnya ini jam 5 pagi sudah buka lho, kan mantap, sarapan dan ngopi cari inspirasi pagi di sini,” ujar Owner Tegal Sengon, Puguh Supriadi.

Puguh mengatakan kuliner yang disajikan di Tegal Sengon ini bervariasi. Ada nasi liwet, nasi bakar, botok, lodho, ayam kemangi, lalapan dan berbagai makanan lain yang bertema khas pedesaan. Hanya saja berbagai makanan tersebut harus dipesan minimal satu hari sebelumnya. Pemesanan makanan tersebut ada beberapa paket untuk 5 orang, dengan dipatok harga mulai 75 ribu hingga 350 ribu tergantung menu.

“Seperti kemarin ada orang reuni, lalu karang taruna yang ingin kemah, dan ada juga dinas rapat di Tegal Sengon, memang harus pesan dulu makanan satu hari sebelumnya. Untuk menu yang setiap hari pasti ada sementara nasi pecel tadi,” ujarnya.

Menurut Puguh, barisan kayu sengon dan rerumputan hijau yang menjadi daya tarik pengunjung. Padahal Tegal Sengon yang di bangun tersebut masih baru berawal dari idenya yang ingin mengubah tegalan atau pekarangan rumahnya agar lebih enak dipandang. Lantas setelah dia pun menambah pernak pernik di dalamnya.

Hingga tegalan itu pun diberi julukan Tegal Sengon sebagai tempat wisata. Walau belum dibuka penuh alias masih soft launching sudah dikenal masyarakat dari mulut ke mulut, banyak yang tertarik melihat tegalan sengon yang disulap jadi wisata ini.

“Betul seperti kemarin ibu-ibu banyak yang berfoto di bawah-bawah pohon sengon yang katanya bagus hasil fotonya,” ujar bapak 3 anak tersebut.

Kedepannya dia bakal menambahkan beberapa spot baru yang lebih instagramable. Sehingga Tegal Sengon nantinya akan menjadi tempat yang nyaman untuk nongkrong bersama, camping sambil berfoto-foto.

“Nanti akan ditambahkan bar untuk ngopi yang disukai anak-anak muda. Lalu koleksi bunga-bunga seperti anggrek saya tambah lebih banyak, dan sejumlah spot lain untuk anak-anak yang ingin camping atau kemah. Tegal Sengon ini pun buka mulai dari pagi hingga malam hari,” pungkasnya.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengunjungi Tegal Sengon:

  1. Datanglah pada pagi hari saat udara masih sejuk.
  2. Pesanlah nasi pecel sebagai menu utama Anda.
  3. Nikmati suasana yang sejuk dan asri sambil bersantai di warung atau di bawah pohon.
  4. Ambil foto di spot-spot yang instagramable.
  5. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh berupa makanan tradisional yang lezat.

Ayo cek lokasi Tegal Sengon bisa di link google maps di bawah ini, biaya masuknya pun gratis, begitu juga dengan parkir yang luas dan gratis pula

https://goo.gl/maps/VaotFiq6rwB3BoCt7

 

Penulis: MEIDIAN DONA DONI

1 thought on “Tegal Sengon, Wisata Baru di Blitar Tawarkan Suasana Sejuk yang Instagramable

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *