Terkait SIPOL, KPU Lampung Utara Buka Ruang Klarifikasi Langsung, Partai Republiksatu Tidak Hadir

2 min read

HARIANSIBER.COM|LAMPUNG UTARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara memberikan ruang Klarifikasi Langsung mempertemukan Partai Politik dan masyarakat yang mengajukan tanggapan dalam rangka Verifikasi Partai Poltik Calon Peserta Pemilu tahun 2024.

Klarifikasi tersebut berlangsung diaula KPU Kabupaten Lampung Utara yang dipandu langsung oleh Bidang Tehnik KPU setempat dan disaksikan oleh pihak Bawaslu Kabupaten Lampung Utara dan pihak Kepolisian Polres Lampung Utara, Sabtu (1/10/2022) pukul 10.00 WIB.

Klarifikasi secara langsung ini dinilai penting, sesuai dengan Peraturan KPU nomor 4 tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD, dan Surat Ketua KPU nomor 670/PL 01.1-SD/05/2022, tanggal 31 Agustus 2022 perihal tanggapan Masyarakat.

Surat Ketua KPU nomor 763/PL 01.1-SD/05/2022, tanggal 27 September 2022 perihal penggunaan Tehnologi Informasi dan Dokumen Persyaratan Partai Politik, dan Laporan tertulis dari masyarakat menggunakan Formulir Model tanggapan Masyarakat-Parpol.

Tanggapan masyarakat di Info Pemilu Sub menu Partai Politik melalui link https://helpdesk.kpu.go.id/tanggapan.
Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) di KPU Kabupaten Lampung Utara.

Sayangnya Perwakilan dari Partai Republiksatu tidak ada yang hadir dalam klarifikasi langsung yang digelar oleh KPU setempat, baik Pimpinan Partai maupun EO dari Partai tersebut.

Sebelumnya, berita pencatutan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP milik AN telah ditayangkan dimedia online Hariansiber.com pada hari Kamis 29/9/2022 dengan judul
NIK dicatut di SIPOL Parpol, AN akan tempuh Jalur Hukum.

“Kita masih menunggu Itikad baik dari Partai Republiksatu, apabila batas waktu belum juga ada klarifikasi dan NIK tidak dihapus dari SIPOL Partai itu, maka kita akan tempuh jalur hukum dan melaporkan prihal pencatutan NIK ke Polres Lampung Utara,” tegasnya.

(Anton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *