Tiga Tahap Penyaluran Dana Tiyuh Tunas Asri Hampir Segera Selesai

Tiga Tahap Penyaluran Dana Tiyuh Tunas Asri Hampir Segera Selesai

HARIANSIBER.COM – Tulang Bawang Barat – “Dana desa dialokasikan di tiyuh Tunas asri kecamatan tulang bawang tengah kabupaten tulang bawang barat. Berjalan lancar hingga tahap ke tiga selesai. Selasa (25/11/2019).

Dana desa 2019 disalurkan melalui tiga tahap yakni. Tahap ke-1 sebesar 20 persen yang di anggarkan untuk jamban 35 unit, sumur bor 1 unit, drenase 75 meter, tpt 25 meter. Tahap ke-2 sebesar 40 persen jamban 32 unit, onderlagh 987 meter. dan tahapke-3 sebesar 40 persen kios milik tiyuh. Terkait Pencairan, menurut kepala tiyuh Tunas asri abdul rohim, harus memenuhi syarat-syarat tertentu pada setiap tahapannya.

“Tahap 1 syaratnya Perdes (Peraturan Desa) dan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa),Tahap 2 laporan realisasi dan konsolidasi dana desa tahun sebelumnya, belum diminta laporan tahap 1. Pada tahap 3 baru laporan tahap 1 dan tahap 2,” terangnya.

Di sisi lain abdul rohim mengatakan tiyuh yang kuat adalah tiyuh yang melibatkan seluruh masyarakatnya untuk berpartisipasi dalam seluruh keputusan dan kebijakan desa. Terkait dana desa, kepala desa juga harus melibatkan masyarakat desa mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan melalui forum musyawarah desa.

“Desa yang kuat adalah desa yang membuka ruang pada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi mulai dari proses perencanaan hingga pelaporan (dana desa). Jangankan dana desa akan menurunkan masyarakat miskin, kalau masyarakat miskin di desa tidak dilibatkan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Sosialisasi Pengawalan Penyaluran dan Pemanfaatan Dana Desa di tiyuh Tunas asri tersebut langsung masyarakat dilibatkan untuk membangun pembangunan tiyuh Tunas asri.

Saat hariansiber.com konfirmasi kegiatan tiyuh Tunas asri dari tahap 1,2, hingga 3, kepada kepala tiyuh Tunas asri, kab tubaba, mengatakan alhamdulilah berkat fikir dan saling bahu membahu bersama masyarakat kami, kerjaan tiyuh tahap 1,2, hingga 3, dapat segera di selsaikan sebelum akhir Desember 2019. Pungkasnya.

(Rizky A Sony)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )