Wakil Bupati Gayo Lues Buka Pacuan Kuda Lokal di Buntul Nege

Wakil Bupati Gayo Lues Buka Pacuan Kuda Lokal di Buntul Nege

HARIANSIBER | GAYO LUES – Wakil Bupati Gayo Lues, H Said Sani, membuka event Pacuan Kuda Lokal, pada Sabtu (14/3/2020), bertempat di Stadio Buntul Nege Blangsere Kecamatan Kutapanjang.

Pagelaran Pacuan Kuda yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Gayo Lues yang bekerjasama dengan Pordasi setempat ini, merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Gayo Lues yang ke 18.

Selain Wakil Bupati, hadir dalam pembukaan event pacuan kuda tersebut, diantaranya, Sekretaris Daerah, perwakilan Polres, Dandim, Kepala SKPK, para Camat serta ratusan masyarakat yang rindu menyaksikan pacuan kuda lokal, yang digelar selama dua hari.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Gayo Lues, H Said Sani, menyampaikan, pacuan kuda yang dilaksanakan saat peringatan HUT Kabupaten, baru kali ini dilaksanakan. Oleh sebab itu katanya, agar semua pihak yang terlibat bisa menjalankan tugasnya masing-masing serta menjaga kekompakan.

“Baru kali ini kita menyelenggarakan pacuan kuda tradisional Gayo setahun dua kali. Insyaallah akan terus kita laksanakan,” ungkapnya.

Dijelaskan, untuk event pacuan kuda kali ini, pihak panitia memprioritaskan kuda lokal dengan melibatkan dua Kabupaten, yakni Gayo Lues dan Aceh Tenggara, sebab, pacuan kuda digelar untuk hiburan rakyat.

“Perlu kita sadari, pacuan kuda merupakan suatu kebanggan masyarakat Gayo, karena sudah dari endatu kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahunnya. Oleh sebab itu wajib kita lestarikan,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Zainal Abidin, melaporkan, event pacuan kuda ini diikuti 89 ekor kuda dengan 12 kelas dan sebagian besar merupakan kuda lokal Gayo.

“Untuk hari ini, sebanyak 16 race dari 68 ekor kuda ikut berpacu untuk memperebutkan babak final. Kemudian, untuk 21 ekor kuda tersisa, tinggal menunggu final,” paparnya.

Dikesempatan itu, Kadis Pariwisata Gayo Lues itu juga berharap, agar masyarakat ikut meramaikan dan menjadi saksi, siapa yang menjadi juara di final besok. Terlebih esok hari merupakan jadwal terakhir pagelaran Pacuan kuda lokal ini, pungkasnya.

Liputan : Dosaino

Red/Arf/Hariansiber

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )