Warga Desa Napal Sisik Resah, Alat Berat Beroperasi di lahan Persawahan

2 min read

Hariansiber.com|Batang Hari –Kurun waktu satu bulan alat berat beroperasi di lahan persawahan di desa napal sisik kecamatan Muara Bulian kabupaten Batang Hari.

Kegiatan alat berat itu membuat keresahan bagi petani di desa napal sisik ,yang mana alat berat tersebut di duga mengerjakan bloking area yang di duga ada pengalihan pungsi lahan persawahan menjadi lahan perkebunan dalam wilayah desa napal sisik.

Tokoh masyarakat desa napal sisik ketika di wawancarai membenarkan akan adanya alat berat yang beroperasi di kawasan persawahan desa napal sisik “ya…benar memang ada alat berat yang sedang bekerja di lahan persawahan warga di desa napal sisik,akan tetapi kegiatan itu tidak ada pemberitahuan kepada aparatur desa baik kades ,kadus ,bahkan RT padahal alat berat itu bekerja dalam peta persawahan di desa napal sisik.ungkapnya.

Senada dengan kepala desa napal sisik Dedi Rosadi saat di konfirmasi Rabu (18/05/2022) pukul 17.00 wib mengatakan pemerintah desa napal sisik sudah mendengar keluhan warga dengan adanya pengoperasian alat berat di lahan persawahan desa napal sisik ,untuk itu kami aparatur desa telah mengadakan musyawarah untuk menindak lanjuti laporan warga ,tetap kita akan pantau karena kegiatan itu tidak ada pemberitahuan sama sekali ke pemdes napal sisik.kata kades.

Apabila masih beroperasi kita akan panggil dan akan di beri peringatan untuk menghentikan kegiatan alat berat ,karena apabila alat berat itu masih beroperasi akan berdampak pada persawahan warga ,tentunya dengan alat berat yang bekerja membuat bloking area atau umumnya di sebut parit gajah apalagi lahan persawahan akan di lih punsikan menjadi lahan perkebunan dampaknya sangat besar bagi lahan persawahan yaitu menyusutnya debit air di lahan persawahan bahkan air di area sawah akan kekeringan berdampak gagal panen apabila di alih punsikan menjadi lahan perkebunan sawit,kata Dedi Rosadi.

Walaupun itu lahan pribadi pemdes napal sisik tetap tidak memberikan izin di alih punsikan menjadi lahan perkebunan kelapa sawit karena berada di area lahan persawahan masyarakat sangat besar dampaknya,susah ada contoh di kecamatan Pemayung ,tutup kades napal sisik .

Sementara jasmawi penanggung jawab pengoperasian alat berat di lahan persawahan desa napal sisik di konfirmasi melalui via WhatsApp mengatakan Minggu (15/05/2022) mengatakan bahwa itu lahan pribadi milik masyarakat terusan ,belum ada pengalipusian karena masi dalam progres,perencanaan bloking area,kata jas.

Jas juga mengatakan jika ada pihak lain yg mengakui kepemilikan yang sah ,kami op mediasi sama pemilik yang mengajukan ,sambung jas melalui via WhatsApp.

Pantauan media pengoperasian alat berat yang di duga akan mengalihfungsikan lahan persawahan menjadi lahan perkebunan sudah bekerja kurang lebih satu bulan dan tentunya akan berdampak pada kekeringan di lahan persawahan warga desa napal sisik.

(Aspin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.