Warga Diimbau Tidak Panik Puluhan Pasient Covid Dinyatakan Negatif

Warga Diimbau Tidak Panik Puluhan Pasient Covid Dinyatakan Negatif

Hariansiber, Kota Tegal – Sekretaris Jenderal Pemuda Pancasila ( Sekjend PP) Kota Tegal, Drs H Ahmad Firdaus Muhtadi mengimbau kepada seluruh warga Kota Tegal, untuk tidak panik di dalam menyikapi informasi perkembangan wabah Covid 19 yang saat ini ramai diperbincangkan.

” Kami imbau agar warga tidak panik dulu, yang terpenting adalah tetap waspada dan gunakan protokol kesehatan secara mandiri,” kata Firdaus via pesan what’s app, Selasa ( 11/8) petang.

Menurut Firdaus, kepanikan justru akan memicu virus Corona mudah menyebar dan berkembang biak.

Di sisi lain Firdaus mengatakan, bagi warga yang telah menjalani tes dinyatakan positif terjangkiti Covid 19, bisa juga menjadi negatif setelah menjalani tes swab lebih intensif lagi.

” Hari ini saya juga dapat kabar bahwa 44 pasient positif Covid 19 asal Kota Tegal ternyata berstatus negatif Covid 19 setelah menjalani tes swab ulang untuk mendapatkan second opinion di Laboratorium Prodia dan Rumah Sakit Mitra Keluarga Jakarta,” kata Firdaus.

Secara rinci Firdaus mengatakan, pada 30 Juli 2020, terdapat 3 orang positif Covid 19 dari hasil swab masal yang dilakukan oleh mobile VCR Provinsi Jawa Tengah terhadap 64 orang.

” Pada 3 Agustus nya, ketiga orang yang dinyatakan positif Covid 19 tadi berubah menjadi negatif setelah dites swab ulang lebih intensif lagi,” papar Firdaus.

Sementara, pada 1 Agustus 2020 juga dilakukan swab massal terhadap 323 orang dan terdapat 23 orang dinyatakan positif. Namun setelah menjalani tes swab mandiri pada 6 Agustus di Laboratorium Prodia dan Rumah Sakit Mitra Keluarga, Jakarta, ke 23 orang tersebut dinyatakan negatif Covid.

Firdaus memaparkan , pada 3 Agustus juga dilakukan tes swab massal terhadap 266 orang dan terdapat 18 orang dinyatakan positif. Namun setelah jalani tes swab mandiri pada 8 Agustus, ke 18 orang dinyatakan negativ.

Lebih jauh Firdaus mengatakan, yang terbaik di dalam masa pandemi Corona saat ini adalah tidak saling tuding menyalahkan, pihak manapun, sebab Covid 19 adalah masalah bersama.

” Saya berharap tidak ada politisasi covid di Kota Tegal dengan membuat opini yang cenderung membuat resah warga dan pembunuhan karakter terhadap keberhasilan penanganan covid di Kota Tegal yang lebih awal dibanding lainnya dan recovery ekonomi lebih awal ketimbang lainnya,” tegas Firdaus.

Wartawan : Riyanto Jay

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )