Waspada Virus Corona, Bupati Amru Keluarkan Surat Edaran

Waspada Virus Corona, Bupati Amru Keluarkan Surat Edaran

HARIANSIBER | GAYO LUES – Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru, mengeluarkan surat edaran tentang Siaga Virus Corona (Covid – 19).

Surat edaran tersebut dikeluarkan Bupati Gayo Lues tertanggal 9 Maret 2020, dengan nomor : 440/123/2020, guna menindaklanjuti surat Gubernur Aceh nomor : 903/1742 pada 24 Januari 2020, perihal Siaga Virus Corona.

Oleh sebab itu, Bupati Amru menujukan surat edaran itu kepada Kepala SKPK, Kepala Puskesmas dan Pimpinan Fasilitas Kesehatan Swasta se Gayo Lues, untuk melakukan langkah-langkah seperti,

1. Mengawasi dan melaporkan, jika ada masyarakat yang baru pulang melakukan perjalanan ke Luar Negeri terutama Cina, Korea Selatan, Iran, Italia, Singapura dan Malaysia.

2. Jika ditemukan adanya indikasi kasus virus Corona (Covid-19) diwilayah masing-masing, untuk segera menginformasikan kepada petugas kesehatan secara berjenjang.

3. Kepada para Kepala Puskesmas, apabila menemukan adanya indikasi virus corona, untuk dapat melakukan tata laksana isolasi dan segera melaporkan secara benjenjang, sesuai dengan system Surveilans kesejatan yang berlaku pada Dinas Kesehatan Gayo Lues dan merujuk ke ruang isolasi Rumah Sakit Umum Muhammad Ali Kasim Gayo Lues.

4. Para Camat diharapkan dapat meneruskan surat edaran ini ke para Pengulu dan mensosialisasikan kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

5. Seluruh jajaran, fasilitas pelayanan kesehatan wajib memantau perkembangan kasus-kasus penyakit gangguan pernapasan dengan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan dan demam.

6. Melakukan evaluasi terhadap fasilitas pelayanan kesehatan yang dibutuhkan untuk penanganan pasien Emergency dan ruangan isolasi, agar siap digunakan untuk penanganan kasus yang dicurigai akibat virus corona.

7. Meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di tengah-tengah masyarakat sebagai berikut :

  • a. Rajin cuci tangan dengan sabun antiseptic minimal 20 detik, setelah memegang barang-barang difasilitas umum.
    b. Hindari memegang area muka, mulut dan hidung, bila tangan belum dicuci.
    c. Gunakan masker saat batuk, pilek atau flu, saat berada di area infeksius seperti Rumah Sakit atau ditempat keramaian.
    d. Makan-makanan yang bergizi.
    e. Istirahat cukup
    f. Hindari mengkonsumsi yang menurunkan imunitas diantaranya, minuman beralkohol, merokok serta lainnya.
    g. Olah raga teratur
    h. Hindari kontak dengan penderita terkontaminasi Covid-19.

HS/Dosaino

Red/Arf/Hariansiber

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )