Weni Silahturahmi ke Bank Sampah Tanjungpinang

2 min read

Hariansiber.com|Tanjungpinang –Novita Yuslinda, atau yang akrab disapa Linda, adalah salah seorang pendiri dan pejuang bank sampah (BS) dikelurahan Sungai Jang. dari tahun 2009 ia berjibaku dan bertukus lumus mendirikan BS Cermai yang beralamat di jalan sungai Jang GG sungai Jang IV RT 1/ RW 6.

Kendati warga yang diajaknya untuk peduli terhadap lingkungan tidak sepenuhnya merespon positif, namun ibu 3 orang anak itu tetap berjalan. bahkan ia membuat program sedekah lewat sampah kepada para janda dan juga sembako bagi kaum duafa yang juga dihasilkan dari sampah.

Jumat (30/9) diujung bulan, ketua DPRD kota Tanjungpinang, H. Yuniarni Pustoko Weni, SH mengunjungi BS Cermai. Di dampingi oleh Kasi Dinas Lingkungan hidup (DLH) kota Tanjungpinang, Ana. Weni hadir sekitar pukul 10 lebih.
sebelum menyambangi BS Cermai, Weni sudah terlebih dahulu menyambangi beberapa BS yang ada di kota Gurindam.

Sudiro, selaku ketua RT 1/RW 4 mengakui kesadaran warga tentang sampah masih belum maksimal. Dan tidak semua warga juga mau atau pun menerima edukasi terkait sampah. padahal sampah bisa dibuat kerajinan. Ia hanya dapat berharap kedepan BS Cermai bisa lebih maju lagi dan semakin banyak warga yang sadar terkait lingkungan dengan ikut serta menikah sampah rumah tangga

Novita yuslinda sendiri menyebutkan sejak berdiri 2009, ia tidak pernah mundur. ia terus berupaya dan berkreasi bagaimana mind set masyarakat bisa diubah terhadap persoalan sampah. diawal berdiri ia beserta pengurus pernah fokus dengan membuat kompos yang merupakan hasil sampah rumah tangga yang bersifat organik (bisa mengurai).

“Silih berganti walikota sudah saya jalani terkait sampah ini. di zaman pak Lis kami dapat bantuan kaisar, zaman Bu Tatik dapat mesin kompos. tetapi jika hanya kami yang berjuang untuk lingkungan rasanya berat untuk mencapai kota bersih dari sanpah. harus ada dukungan dan saling support agar tercipta lingkungan yang benar-benar bersih seperti dambaan kita semua”, tukasnya.

bunda Weni, demikian ia karib di sapa ia berharap para pejuang bank sampah tidak lelah dan jenuh untuk terus memperjuangkan kebersihan lingkungan. ia pun tahu, BS memulai semua dari nol.

ia pun cukup salut dengan perkembangan dan pertumbuhan BS saat ini.

“dimana-dimana RW, sekarang sudah ada bank sampah. pejuang bank sampah memikirkan bagaimana mendapatkan sampah supaya lingkungan bersih. kebersihan itu sebahagian dari iman” katanya.

Tidak lupa ia juga mengakui pendiri BD Cermai Linda sudah luar biasa, dengan program Jumat berkah.

Ia berharap bisa bersilahturahmi dengan waktu yang lebih panjang sekalian memberi tausiah.

(Lanni Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *